VdBackground 02  .jpg

Apa yang Lupa Dilakukan oleh Orang-orang yang Ceria? (bagian 2)

Print
Created on Monday, 13 October 2014 Last Updated on Friday, 25 November 2016 Written by Phi-D


Seperti halnya orang-orang pada umumnya, orang-orang yang ceria juga ditimpa banyak masalah. Mereka juga harus menghadapi, bahkan menelan banyak hal-hal pahit dalam hidup mereka. Akan tetapi yang membuat orang-orang ceria berbeda dari orang-orang kebanyakan adalah karena orang-orang yang ceria melupakan banyak hal dalam kehidupan mereka.

Baca juga artikel:  Apa yang Lupa Dilakukan oleh Orang-orang yang Ceria?  (bagian 1)

Berikut ini adalah beberapa hal yang lupa dilakukan oleh mereka yang selalu terlihat ceria.

8. Menahan Kebenaran

Orang-orang yang ceria lupa menahan diri untuk mengatakan kebenaran. Mereka menerima hal-hal yang benar dan berkata jujur.

Sebenarnya jika Anda menghabiskan hidup Anda untuk belajar caranya berbohong, Anda akan menghadapi jebakan kematian. Ini disebabkan karena kebohongan dapat berkembang dengan cepat dalam pikiran sehingga membuat Anda menjadi buruk dalam melihat, berbicara dan hidup dalam standar kebenaran Anda. Kehidupan Anda mudah hancur jika Anda hidup dalam kebohongan. Jika Anda menahan kebenaran, Anda akan hidup dalam kebohongan dan kebenaran akan menghantui pikiran Anda sepanjang malam. Anda tidak dapat lari dari kebenaran dengan memindahkan kebohongan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Maka jangan mencoba menyembunyikan kebenaran dengan menipu. Lebih baik Anda tidak memberikan penjelasan atau alasan daripada Anda mengarang pembelaan yang salah. Anda membutuhkan keberanian dan kekuatan untuk berkata jujur, tetapi ini adalah satu-satunya cara untuk hidup. Terima kebenaran, rangkul sepenuhnya dan hidup dalam kemungkinan di masa depan.

9. Menunggu Saat yang Tepat

Orang-orang yang ceria lupa menunggu waktu yang tepat.

Waktu yang tepat adalah mitos. Tidak ada waktu yang tepat, Andalah yang membuat waktu itu menjadi tepat. Banyak orang menunggu waktu yang tepat, kesempatan yang tepat, keadaan yang tepat, tetapi SADARLAH, hal-hal yang tepat dan sempurna hanyalah mitos, itu tidak pernah ada.

Kesanggupan Anda untuk mengembangkan potensi Anda ada pada kemauan Anda untuk bertindak menghadapi keadaan yang tidak sempurna. Anda dapat berhasil bukan karena mencari waktu yang tepat dan sempurna, tetapi dengan belajar melihat dan menggunakan ketidaksempurnaan Anda secara sempurna.

10. Bekerja sesuai dengan Harga yang Dibayar 

Orang-orang yang ceria lupa berapa bayaran mereka, mereka menikmati pekerjaan mereka dan tidak berfokus pada bayaran yang akan mereka terima.

Bekerja tanpa menikmati pekerjaan sama seperti orang yang sedang dipenjara. Bahkan jika Anda tidak benar-benar suka dengan pekerjaan Anda, setidaknya Anda harus sedikit tertarik dalam pekerjaan Anda. Jika Anda bekerja untuk membayar tagihan-tagihan Anda dan Anda merasa menderita saat melakukan pekerjaan Anda sepanjang hari, Anda akan menyia-nyiakan kehidupan Anda dengan berharap Anda punya orang lain untuk melakukan pekerjaan untuk Anda.

Pikirkan bahwa inilah kehidupan Anda, dan pekerjaan Anda akan mengisi banyak prosentase dalam hidup Anda. Ini semua bukanlah tentang uang, tetapi tentang diri Anda sendiri. Jangan terpancing dengan propanganda yang mengatakan, “Don’t let your work define you (Jangan biarkan pekerjaan Anda membatasi Anda).” Baliklah propaganda tersebut dengan mengatakan dalam hati Anda, “I will do work that defines me (Saya akan mengerjakan pekerjaan yang memperkuat jati diri saya).” Ya, saat jati diri Anda diperkuat setidaknya oleh potongan-potongan kecil dari pekerjaan yang Anda lakukan untuk mempertahankan hidup, pekerjaan Anda akan mengisi kehidupan Anda dan Anda akan menikmatinya.

Sewaktu Anda benar-benar menikmati dan senang pada apa yang Anda kerjakan, kehidupan Anda akan berkualitas dan Anda akan memiliki kebahagiaan dalam pikiran Anda. Janganlah berfokus pada bayaran yang akan Anda terima tetapi teruslah mencari pekerjaan yang dapat membuat Anda bersemangat (Baca juga artikel untuk memotivasi Anda saat bekerja di: Kata-kata Motivasi Seputar Pekerjaan dari Presiden Amerika).

11. Hidup dalam Kesulitan

Orang-orang yang ceria lupa bahwa saat ini mereka sedang mengalami kesulitan dalam hidup mereka.

Ya, satu hari yang buruk hanyalah satu hari yang buruk. Pilihlah untuk tidak memperburuk hari yang sudah buruk. Situasi yang buruk memang dapat mempengaruhi kondisi kehidupan Anda, tetapi Anda tidak harus membuatnya mempengaruhi diri Anda.

Buatlah hari-hari tersebut sebagai pembelajaran dan kemungkinan baru. Selalu ada cara untuk mengambil langkah selanjutnya pada jalan yang telah Anda pilih. Kehidupan Anda saat itu memang bisa jadi buruk dan Anda tidak dapat mengelak, tetapi Anda selalu punya PILIHAN. Anda bisa memilih untuk bertahan menghadapi masa yang buruk dan terus berjalan maju.

12. Memikirkan Orang yang Menyakiti Anda

Orang-orang yang ceria lupa memikirkan orang yang menyakiti mereka. Mereka lupa mengingat hal-hal buruk yang orang lakukan untuk menyakiti mereka.

Sebuah pepatah mengatakan, “Terkadang Anda harus menjauh dari orang-orang, bukan karena Anda tidak peduli terhadap mereka, tetapi karena mereka tidak peduli pada Anda.” Saat seseorang menyakiti Anda berulang-ulang, terimalah fakta bahwa orang tersebut tidak peduli terhadap Anda, dan bahkan membenci Anda. Ini memang pil pahit yang harus Anda telan, tetapi ini obat yang sangat penting. Jangan mencoba membuat mereka terkesan pada Anda lagi. Jangan buang waktu Anda untuk membuktikan bahwa Anda layak dipedulikan oleh mereka, karena tidak ada lagi yang perlu Anda buktikan untuk mereka. Jangan pernah memikirkan mereka lagi.

Cobalah hidup dalam kenyataan bahwa di dunia ini Anda tidak dapat menyenangkan semua orang (baca artikel: Menyenangkan orang lain itu tidak menyenangkan). Ini artinya selalu ada orang-orang yang tidak menyukai Anda, membenci dan bahkan ingin menyakiti Anda. Tetapi ingatlah ada lebih banyak orang yang sangat menyukai Anda. Tugas Anda adalah untuk tidak memikirkan, melihat atau mempedulikan mereka yang membenci dan tidak menyukai Anda, tapi berfokuslah pada mereka yang mengasihi Anda dengan tulus.

13. Mencoba Membuat Perubahan Besar dalam Sekejap

Orang-orang yang ceria lupa membuat perubahan besar dalam sekejap.

Jika Anda ingin membuat perubahan atau perbedaan di dunia ini, mulailah dari dunia yang ada di sekitar Anda dulu. Membuat perubahan dalam sekejap tidaklah mungkin, dan jika Anda mencobanya secara ekstrim, Anda akan tertekan. Bagaimana pun, membuat perbedaan secara instan dalam beberapa hal di hidup Anda adalah mungkin, dan itu biasanya lebih mudah. Anda hanya perlu berfokus pada satu orang di suatu waktu; dan mulailah dari orang yang ada di dekat Anda.

Buatlah banyak percikan air yang kecil, dan biarkan riak gelombang itu menyebar secara alami. Jika Anda ingin mengubah pikiran atau perasaan seseorang, terkadang Anda harus pertama-tama mengubah pikiran atau perasaan dari orang-orang di sekitar mereka. Sebagai contoh, jika Anda membuat satu orang tersenyum, senyumannya akan membuat orang-orang lainnya juga tersenyum. Maka Buckminster Fuller, seorang investor, mengatakan, "You can not change people. But if you can change the environment that people are in, they will change." Jadi Anda dapat bertindak secara bertahap, Anda dapat menyentuh banyak orang sekaligus tanpa membuat Anda tertekan dengan cara menunjukkan perhatian Anda terlebih dulu pada satu orang dan mengubah lingkungan yang orang tersebut diami sehingga secara bertahap Anda pun mengubah banyak orang yang diam dalam lingkungan tersebut.

14.Terus mencari Kesenangan Sesaat

Orang-orang yang ceria lupa mencari kesenangan-kesenangan sesaat dalam hidup mereka. Mereka berjuang secara bertahap sehingga dapat menikmati kesenangan yang abadi.

Ada 2 (dua) variasi kesenangan dalam hidup, yaitu sesaat dan abadi. Kesenangan sesaat diperoleh dari hal-hal instan yang ditawarkan oleh kenyamanan materi, sedangkan kesenangan abadi diperoleh dari perkembangan bertahap dalam pikiran Anda. Jika Anda melihat sekilas, sulit menguraikan perbedaan dari keduanya; tetapi seraya waktu berlalu, Anda dapat melihat dengan jelas bahwa kesenangan abadi jauh lebih berharga dibandingkan kesenangan sesaat.

Kesenangan abadi dapat menopang Anda melewati pasang-surut kehidupan, karena ini akan membuat Anda lebih percaya diri dan pikiran Anda lebih damai. Di sisi lain, kehidupan yang berubah dengan cepat akan mudah menghancurkan pikiran Anda dengan kegilaan yang dibuat di dalamnya; dan saat itu terjadi, kesenangan-kesenangan sesaat yang Anda miliki dan kenyamanan fisik yang sedang Anda nikmati tidak akan dapat benar-benar mempertahankan kebahagiaan Anda.

15. Terlalu Mementingkan Daya Tarik Fisik

Orang-orang yang ceria lupa untuk terlalu memikirkan daya tarik fisik.

Tergila-gila pada penampilan fisik seseorang dapat disamakan dengan orang yang memilih makanan favoritnya berdasarkan warna, bukan rasa. Dan itu sama sekali tidak berarti. Sebenarnya daya tarik abadi dari seseorang adalah karakter-karakternya yang tidak kelihatan dan pembawaan dirinya.

Memang manusia adalah makhluk yang unik, mereka tidak sama. Bahkan selera setiap manusia berbeda-beda, ada yang menyukai aroma mint, yang lainnya malah lebih menyukai aroma coklat. Maka, ini memperlihatkan bahwa tidak semua orang bisa cocok terhadap karakter dan pembawaan diri seseorang. Sebenarnya, ada magnet tersembunyi yang bisa membuat Anda tertarik pada kualitas dari beberapa orang, tempat-tempat tertentu dan hal-hal tertentu. Malahan, terkadang luka batin yang Anda bagikan ke orang lain dapat membuat orang-orang lain tertarik dan peduli terhadap Anda dan bahkan ingin menjadi sahabat sejati Anda untuk berjalan menemani Anda dalam perjalanan panjang di kehidupan seperti sebuah engsel yang selalu setia menemani pintu.


Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang ceria melakukan banyak hal. Mereka menghabiskan waktu untuk mengungkapkan rasa syukur, mengupayakan pandangan positif, mempraktekkan kebaikan, menjaga hubungan yang penuh kasih, berpegang pada tujuan yang berarti, menikmati hal-hal kecil di dalam kehidupan, dan sebagainya, dan lainnya, dan seterusnya. Mereka juga harus menghadapi banyak hal yang menyakitkan, mengesalkan atau pun membingungkan. Maka sebuah kutipan di kitab suci mengatakan, "Even in laughter, the heart may be in pain (dalam gelak tawa, hati mungkin merasa sakit)." Ini memperlihatkan bahwa menjalankan hidup sebagai orang-orang yang ceria TIDAK selalu MUDAH, tetapi sangat MUNGKIN untuk DILAKUKAN.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang ceria untuk membuat hidup mereka berwarna di tengah kesuraman hidup selain hal-hal yang sudah dibahas dalam artikel ini. Daftarnya bisa jadi lebih panjang dari yang ditulis dalam artikel ini, silakan Anda tambahkan sendiri dan buat hidup Anda LUAR BIASA CERIA.

Aza-aza FIGHTING.

Happiness is not something you postpone for the future;
it is something you design into the present.
(Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang Anda tunda untuk masa depan;
Itu adalah sesuatu yang Anda rancang untuk saat ini).

Baca artikel: Apakah Anda Orang yang Positif?

Baca juga artikel:  Apa yang Lupa Dilakukan oleh Orang-orang yang Ceria?  (bagian 1)

Disadur bebas dari www.marcandangel.com (10 Little Habits that Steal Your Happiness |  6 Things Happy People Never Do).

Hits: 1556