VdBackground 02  .jpg

Jadilah Konektor dan Lupakan Jaringan Anda!

Print
Created on Wednesday, 24 July 2019 Last Updated on Friday, 26 July 2019 Written by Phi-D


Ada beragam bentuk jaringan dalam kehidupan ini. Namun yang akan dibahas dalam artikel ini adalah jaringan pertemanan. Apa itu jaringan pertemanan? Itu adalah sekelompok orang atau kenalan yang saling terhubung antara satu sama lain. Sewaktu memiliki variasi orang dalam jaringan pertemanan, maka Anda akan lebih mudah meningkatkan jumlah koneksi  berbobot dalam jaringan pertemanan Anda. Lalu adakah manfaat untuk membangun jaringan pertemanan yang efektif? Itu PASTI. Jaringan pertemanan yang bermutu dapat memberikan Anda banyak bantuan, dukungan, dan peluang.

Saat membangun jaringan, orang seringkali berpikir dengan motif yang kurang baik dan mental yang sempit. Sebagai contoh, saat membangun jaringan ada yang berpikir seperti ini:

  • Saya mau berteman dengan si A karena A memiliki banyak modal sehingga dapat menginvestasi bisnis saya.
  • Saya mau berteman dengan si B karena B punya komunitas yang kompak yang nantinya dapat membantu mempromosikan bisnis saya secara cepat.
  • Saya berteman dengan C karena nantinya C akan membantu mengembangkan bisnis saya.
  • Saya berteman dengan si D karena...
  • Saya berteman dengan si E supaya.... dan selanjutnya....
  • Saya berteman dengan si Z dengan tujuan.....

Dari poin-poin di atas terlihat begitu banyak barisan alasan yang mementingkan diri saat seseorang ingin membangun suatu jaringan. Hal ini pastinya akan membuat jaringan yang Anda bangun tidak efektif dan tidak berkualitas.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan Anda dapat membantu dalam menjalani kehidupan pribadi atau mengekskusi bisnis Anda. Tetapi perlu Anda ingat: JANGAN pernah BERTEMAN dengan seseorang hanya karena mereka adalah “teman yang punya daya guna” yang tinggi.

Tahukah Anda bahwa dalam beberapa kasus, banyak keuntungan bisnis sering kali didapat dari jaringan yang dianggap tidak penting? (baca juga: Teori Angsa Hitam) Bahkan bantuan sering kali datang dari orang-orang yang dianggap tidak hebat (baca juga: Jika Anda hanya Memiliki 0.01% Kesempatan untuk Berhasil). Ya, dunia ini dipenuhi oleh beragam "permainan" probabilitas.

Oleh karena itu, selalu isilah jaringan Anda dengan berbagai macam orang: Orang yang sukses maupun orang yang gagal, orang yang hebat maupun orang yang biasa saja, orang yang penting maupun orang yang tidak penting (Baca juga: Siapa  Orang-orang Penting Itu?). Orang-orang ini dapat menjadi jaringan hebat yang akan mengajarkan berbagai hal menarik tentang hidup ini.

Dari bahasan singkat di atas, terlihat bahwa membangun jaringan itu sangat penting dalam kehidupan sosial setiap manusia. Akan tetapi judul artikel ini malah menganjurkan untuk melupakan jaringan Anda dan jadilah konektor. Mengapa membangun jaringan saja tidak cukup? Apakah ada hal yang bisa jadi salah saat Anda membangun jaringan? Mengapa menjadi konektor jauh lebih efektif dalam membangun jaringan yang bermutu?

 

Konektor yang Handal

Mereka yang berfokus untuk membangun jaringan seringkali jatuh dalam perangkap yang mementingkan diri. Mereka seringkali ingin terlihat eksklusif dan tidak mudah menjalin pertemanan dengan siapa saja. Semua teman yang dijaringnya selalu memiliki kepentingan tertentu. Akan tetapi berbeda dengan para pembangun jaringan, seorang konektor memiliki perasaan yang tulus pada orang-orang yang menjadi jaringan pertemanannya. Para konektor memiliki keinginan yang tidak mementingkan diri untuk selalu dapat memberikan bantuan pada siapa saja yang menghadapi berbagai masalah (Baca juga: Siapa itu Para Konektor yang Handal?).

Pada tanggal 18 Juli 2019 jam 06.10 pagi, seorang teman yang luar biasa, ibu Ellies Sutrisna, mengirimkan sebuah pesan luar biasa. Saat membacanya, saya menjadi begitu terkagum-kagum akan integritas, kelembutan, dan keloyalan dari salah seorang konektor handal yang saya kenal. Berikut ini adalah pesan beliau.

How can you "SM_LE" (Bagaimana Anda dapat ter-SENYUM)
without "I" ? (tanpa “SAYA”?)

How can you be "F_NE" (Bagaimana Anda dapat BAIK-BAIK saja)
without "I" ? (tanpa “SAYA”?)

How can you "W_SH" (Bagaimana Anda dapat ber-HARAP)
without "I" ? (tanpa “SAYA”?)

How can you be "N_CE" (Bagaimana Anda merasa BAHAGIA)
without "I" ? (tanpa “SAYA”?)

How can you be "FR_END" (Bagaimana Anda dapat ber-TEMAN)
without "I" ? (tanpa “SAYA”?)

"I" am very important (“SAYA” sangatlah penting)

But this "I" can never achieve "S_CCESS" (Tetapi “SAYA” ini tidak pernah dapat “BERHASIL”)
nor can "LA_GH" without all of "U" (Ataupun “TERTAWA” tanpa “ANDA” semua)

And that makes "U" more important than "I".
(Dan itulah sebabnya “ANDA” jauh lebih penting dari “SAYA”)

This fantastic message is dedicated to all my beautiful friends and relatives.
(Pesan luar biasa ini dipersembahkan khusus untuk semua teman dan kerabat saya yang hebat).

Pesan ini dikirimkan oleh seorang konektor yang selalu memiliki prinsip untuk dengan tulus membantu dan memperhatikan sesamanya. Menganggap jaringannya bukan dengan cara yang mementingkan diri, tetapi menganggap semua di dalam jaringannya sebagai orang-orang penting. Terima kasih, ibu Ellies Sutrisna untuk selalu menjadi teman yang LUAR BIASA bagi saya. Kawan yang selalu tanpa lelah menjawab berbagai pertanyaan saya. Dan sahabat yang tidak pernah lupa memotivasi saya di saat saya sangat membutuhkannya (baca juga: Rahasia-rahasia Komunikasi dari Pemimpin yang Hebat).

Memiliki teman seperti ibu Ellies, membuat perjalanan sulit bisa menjadi terasa ringan dan menyenangkan, ancaman dapat terlihat seperti tantangan ingin ditaklukkan, serta kelemahan diri yang dianggap memalukan dapat terlihat seperti efek samping dari kelebihan diri yang sebenarnya sangat ingin dimiliki orang-orang lainnya. Maka, selalu temukan konektor handal dalam hidup Anda sebagai teman yang hebat, sahabat yang pengasih, kawan yang loyal, dan jaringan yang berkualitas agar hidup selalu terasa sangat berwarna, menyenangkan, menyegarkan dan membangkitkan semangat.

Aza-aza FIGHTING.

Inspirasi Artikel: Pesan dari seorang teman (@ ibu Ellies Sutrisna, Excellent Group Founder)

Hits: 522