VdBackground 02  .jpg

Perbedaan dalam Berpikir itu Wajar!

Print
Created on Thursday, 20 May 2021 Last Updated on Tuesday, 22 June 2021 Written by Phi-D

.
Saat dihadapkan pada suatu masalah, setiap orang dapat memiliki jawaban dan pilihan yang berbeda-beda. Dan ini semua dapat membuat orang-orang bisa saja membuat keputusan yang berbeda-beda [Baca juga: Mengapa Manusia Sering Berbeda dalam Berpikir?]. Bahkan, orang yang sama pun dapat memutuskan atau berpikir dengan cara berbeda di waktu yang berbeda dan tempat berbeda. Mengapa begitu? Karena memang cara berpikir manusia selalu berubah-ubah sesuai kondisi, situasi, atau cara pandang saat memecahkan masalah.

Selain itu, dasar analisa dan riset yang dipahami oleh satu orang dengan orang lain pun dapat berbeda. Karakter dan kepribadian seseorang pun dapat turut mempengaruhi cara berpikir dan memutuskan setiap orang [Baca juga: Variasi Cara Berpikir Manusia].

Malahan...
Kadang-kadang...

Cara berpikir orang pun dapat dipengaruhi oleh pemikiran dan pendapat orang lain. Bahkan dalam beberapa kasus, opini seseorang dapat digiring oleh propaganda dari media, iklan, atau pun pendapat umum yang berkembang di masyarakat [Baca juga tentang cara membentuk ilustrasi pola dalam teori konspirasi yang mempengaruhi opini publik, silakan lihat gambar pendukung di: Mengapa Manusia HARUS Selalu SUKA Belajar?].

Itu sebabnya...
Beberapa orang mengatakan...
kata-kata punya pengaruh besar...
kata-kata itu memiliki kekuatan gaib.

[Baca juga: Kenapa Orang dapat Salah Memahami Petunjuk dan Peraturan?]
 
Suatu gagasan seringkali masuk ke dalam pikiran orang atau masyarakat secara perlahan-lahan. Seperti halnya sebuah biji, yang terkena sinar matahari, rajin disirami, terkena hujan, maka setelah beberapa saat itu akan berkecambah dan memberikan hasil. Maka dengan cara yang sama, gagasan pun juga perlu diulang-ulang dan terkadang perlu diberikan variasi rasa dalam bentuk analisa yang berbeda-beda dengan gaya pembicaraan sederhana atau pun diselingi dengan gaya penulisan yang ilmiah sehingga membuat mereka yang mendengarkan menjadi termotivasi dan terus terpikir dalam hati dan pikiran. Ini semua akan bermanfaat pada waktu yang tepat, yaitu mengubah cara berpikir seseorang. Walaupun efeknya tidak langsung terasa dan terjadi, tetapi pengaruhnya sangat besar pada kehidupan seseorang.

Oleh karena itu...
Sewaktu Anda memiliki
cara berpikir yang berbeda
dan orang tidak sependapat
... Tidak  perlu  tersinggung
... Jangan merasa kecewa
... Tidak perlu bingung

Karena bisa jadi orang-orang lain membutuh waktu untuk memikirkan gagasan dan pendapat Anda. Atau, bisa jadi Anda dapat menyesuaikan cara pandang Anda dengan menggunakan cara berpikir yang berbeda. Karena, setiap orang mampu berpikir dengan cara berbeda, di saat berbeda, di tempat berbeda, di kondisi yang berbeda [Baca juga: Kenapa Orang Pintar itu "Bodoh"?]

Sebagai contoh...

Untuk menjawab teka-teki logika kehidupan yang sederhana yang diunggah di Masalah Kompleks adalah Teka-Teki Kehidupan, saya sendiri pun menjawab dengan cara berbeda.

STRATEGI 1:

Berdasarkan garis besar informasi, saya membuat tabel berisi kolom-kolom berikut: Kebangsaan, Warna rumah, Kue, Minuman, Hewan Peliharaan.

Lalu saya menggunakan cara untuk mengisi seluruh tabel secara berurutan berdasarkan kolomnya. Jadi saya mencari seluruh data tentang kebangsaan untuk mengisi seluruh kolom pertama. Lalu melanjutkan untuk mengisi seluruh kolom kedua, dan seterusnya.

Tercatat pada tanggal 6 Januari 2020, saya menggunakan cara pandang dimana saya berdiri di barisan rumah, sehingga itu membuat saya menyimpulkan:
 


Lalu...

Lebih dari satu tahun berikutnya [13 Februari 2021], cara berpikir saya sedikit berbeda walaupun jawabannya tetap tidak berubah. Saya memandang teka-teki itu seolah-olah saya berdiri berhadapan dengan jejeran rumah dalam teka-teki kompleks yang sederhana itu tapi TETAP menggunakan STRATEGI penyelesaian masalah yang sama. Sebagai hasilnya, jawaban saya adalah seperti di bawah ini.



Kemudian...

Bulan berikutnya...
Pada tanggal 24 Maret 2021...

Saya mencoba menyusun ulang data dengan membolak-balikkan posisi data yang dikumpulkan. Dan cara ini seharusnya tidak mengubah jawaban. Hanya saja, kali ini saya menggunakan STRATEGI yang berbeda. [Baca juga:  Mainkan Strategi! Dan Dapatkan Pengaruh!]
 
STRATEGI 2:

Saya masih menggunakan tabel dengan kolom-kolom yang sama urutannya. Hanya saja, saya tidak fokus mengisi seluruh kolom satu per satu, tetapi saya melakukan penyebaran data dan menuliskan seluruh data dalam baris-baris. Jadi fokus kali ini adalah memenuhi baris per baris, bukan kolom per kolom. Jawaban untuk pertanyaan siapa pemilik ikan ternyata masih sama, tetapi ada sedikit perbedaan data dalam jenis makanan dan minuman.

Berikut ini adalah hasil yang saya terima di tanggal 24 Maret 2021.

 

Mmm...
Apa yang dapat disimpulkan dari pengolahan data ini?

Bahkan orang yang sama pun dapat memiliki cara pandang berbeda di waktu yang berbeda, apalagi orang yang berbeda. Dan bukanlah suatu yang mustahil jika Anda dapat dan bisa jadi akan mendapatkan hasil yang berbeda saat Anda menggunakan strategi yang berbeda dalam menyelesaikan satu masalah yang sama.

Mmm...

Tepat jika Albert Einstein pernah mengatakan, “Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results [Orang gila itu adalah orang yang melakukan cara yang sama berulang kali sambil berharap mendapatkan hasil yang berbeda]!” [Baca juga:  Kekanak-kanakan, Childish atau Childlike? (bagian 2)]. 

Maka...

Selalu ubah pola pikir...
Berani kembangkan strategi...
Adaptasi semua kemungkinan...

[Baca juga: Menyenangkan? Atau Menakutkan? Hadapi Ketidak-Pastian Itu!]

Itu sebabnya...

Perbedaan cara berpikir sangatlah wajar dan tidak salah sama sekali. Kedewasaan seseorang yang kemudian akan membuatnya menerima perbedaan itu dengan cara bertanggung jawab.

Jadi...

Selalu hargai perbedaan...
Karena perbedaan itulah yang dapat membuat warna-warni yang terindah dalam kehidupan.

[Baca juga bahwa cara eksekusi berbeda memberikan hasil yang berbeda dalam kehidupan di artikel:  Belajar dari Kompetisi Orang-Orang Hebat]

Aza-aza FIGHTING.

Sumber gambar:  Abstrak Jalur Kehidupan (Dokumen pribadi Frans Indroyono)
Artikel ini ditulis sebagai salah satu materi ajar dalam el-Science, Sistem Pendidikan Modern (www.eldadido.com)

Hits: 156