VdBackground 01.jpg

Masalah Kompleks adalah Teka-Teki Kehidupan

Print
Created on Thursday, 20 May 2021 Last Updated on Tuesday, 22 June 2021 Written by Phi-D

.
Beberapa orang menyebut masalah yang harus dihadapi manusia sebagai bumbu penyedap dalam kehidupan. Dan satu hal yang harus dicamkan bahwa dalam kehidupan, semua manusia PASTI akan menghadapi masalah. Kenapa?

Karena masalah bisa datang diakibatkan oleh adanya orang yang merasa tidak suka dengan keberadaan seseorang. Namun, terkadang, masalah bisa datang karena seseorang mengundang masalah itu datang ke kehidupannya [Baca juga: Ketika Masalah Datang]. Tetapi yang jelas, hanya manusia yang masih hidup sajalah yang dapat mengalami masalah dalam kehidupannya.

Itu sebabnya...
ada sebuah hukum kehidupan...
bahwa hanya ikan salmon hidup
yang selalu berenang melawan arus.

Sedangkan...
Ikan salmon mati...
Akan “berenang” mengikuti arus

Dan karena selalu melawan arus dan menentang keadaan, tidaklah heran kalau ikan Salmon harus mengerahkan diri untuk melawan "masalah" arus kuat yang selalu menerpa badannya. Dengan cara yang sama, manusia yang hidup memiliki keinginan dan kebutuhan yang tidak sama dengan orang yang lain. Manusia yang hidup pun punya pandangan dan cara berpikir yang dibentuk dan bisa jadi berbeda dari lingkungan sekitarnya sehingga pada akhirnya, manusia yang hidup pun selalu diterpa masalah untuk mempertahankan keyakinan, memperjuangkan kebutuhannya, dan membela pemikirannya.

Akan tetapi...
Walau pun masalah selalu membuat marah, kesal, kecewa, dan sakit hati, semua manusia SANGAT MEMBUTUHKAN masalah untuk membangun karakter-karakter unggul dalam kepribadiannya [Baca juga: Masalah adalah Hadiah Terindah].

Memang benar...
Semua masalah manusia itu seperti arus kuat yang mencoba mempengaruhi kehidupan manusia dan membuat mereka mundur, tidak bergerak, putus asa, dan pada akhirnya berhenti [Baca juga: Jika Anda Hanya Memiliki 0,01% Kesempatan untuk Berhasil].

Dan...
Anda sepenuhnya...
memiliki KEBEBASAN memilih...
Apakah Anda benar-benar ingin...
... membiarkan masalah terus terjadi?
... mengundang masalah itu?
... melawan masalah itu?

Pertanyaan untuk Anda:
Mana yang Anda pilih untuk lakukan?
... ikut mengalir bersama arus?
... bergerak melawan arus?

Jika Anda malah menjadi bingung dengan jawabannya, silakan Anda teruskan membaca.

Teka-Teki Kehidupan

Saat Anda kecil, Anda pasti sering dan gemar sekali menjawab banyak permainan tebakan dan teka-teki. Itu  sebabnya di tahun 1980-1990-an, buku Teka-Teki Silang cukup populer dan banyak dicetak oleh beragam penerbit buku. Kenapa? Karena kala itu, semua orang tahu dan sadar bahwa menjawab teka-teki dapat melatih pikiran, otak, dan meningkatkan kecerdasan, bahkan mencegah kepikunan.

Sebenarnya...
Seperti judul di artikel ini...
Semua masalah kompleks itu bagai teka-teki dalam kehidupan yang harus dihadapi dan dijawab dengan logika berpikir yang jernih dan cara yang berbeda-beda [Baca juga: Mengapa Anda bisa Salah Membuat Keputusan?]. Kenapa?

Karena seperti yang diperlihatkan pada gambar Abstrak Jalur Kehidupan di awal artikel yang digambarkan oleh Frans Indroyono, terdapat begitu banyak pilihan dan jalur untuk dipilih di dalam kehidupan. Dan setiap orang BEBAS untuk memilih dan menentukan pilihannya sendiri sesuai pemikirannya, pengalamannya, kebutuhannya. Maka hal-hal inilah yang pada akhirnya ikut menyumbang dan menghasilkan begitu bervariasinya masalah kompleks serta berlimpahnya teka-teki yang seringkali sulit dijawab dalam kehidupan.

Mengulang pertanyaan yang sama di atas, apakah Anda suka melawan masalah dengan mencari berbagai solusi untuk masalah dan menjawab serta memecahkan masalah yang bagaikan teka-teki kehidupan yang kompleks? [Baca juga: Berani Buat Pilihan Versi Anda!]

Jika Anda memilih untuk menjawab “Ya, saya suka tantangan teka-teki.”

Maka silakan perhatikan pertanyaan teka-teki berikut ini yang dikirim oleh seorang teman saya pada tanggal 20 Agustus 2018.

Teka-teki ini memberikan informasi awal berikut ini untuk menemukan jawaban teka-teki ini:
Ada lima buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda.
Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda.
Setiap penghuni rumah memakan satu jenis kue favorit tertentu di sore hari, menyukai jenis minuman tertentu, dan memelihara satu jenis hewan tertentu.

Tidak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, memakan kue yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

PERTANYAAN: Siapakah yang memelihara IKAN?

Lalu didapatkan tambahan petunjuk detil berikut ini:
Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.
Orang Swedia memelihara anjing.
Orang Denmark senang minum teh.
Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat.
Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi.
Orang yang suka makan kue Croisant memelihara burung.
Penghuni rumah yang terletak ditengah-tengah senang minum susu.
Penghuni rumah berwarna kuning suka kudapan kue Pie.
Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama.
Orang yang suka makan kue kastengel tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing.
Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang suka menyamil kue Pie.
Orang yang suka makan kue Donat senang minum jus buah.
Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
Orang Jerman suka kudapan kue Brownies.
Orang yang suka camilan kue Kastengel bertetangga dengan orang yang minum air putih.

Mmm...
Apakah Anda dapat menemukan jawaban untuk teka-teki yang bisa saja Anda temui di lingkungan sekitar Anda ini?

MENCARI SOLUSI UNTUK MASALAH KOMPLEKS

Sebagian besar orang enggan memecahkan teka-teki ini karena dianggap jawabannya terlalu memusingkan dan informasi data yang diberikan dianggap terlalu “berantakan” sehingga menyulitkan dalam menemukan jawaban. Beberapa lainnya merasa bahwa mereka sudah cukup sibuk dan bingung dengan banyak masalah nyata dalam hidup mereka sehingga tidak lagi memiliki waktu pada masalah lainnya. Selain itu, beberapa merasa bahwa karena masalah dan teka-teki ini sama sekali tidak mempengaruhi kehidupan sehari-hari, maka mereka merasa tidak cukup tertantang atau merasa jawabannya tidak begitu penting dicari.

Tetapi...
sebagian kecil orang...
begitu tergelitik otaknya...
dan berupaya untuk memecahkan masalah kompleks ini yang tampak seperti teka-teki kehidupan.

Apakah Anda adalah bagian kecil dari kelompok orang tersebut? Orang-orang yang peduli pada setiap permasalahan  kompleks dalam kehidupan manusia, yang kemungkinan saja malahan diabaikan dan tidak dipedulikan oleh orang-orang lainnya?

Jika Anda memang dapat dan tidak menyerah mencari jawaban untuk pertanyaan dalam teka-teki ini, maka ini otomatis akan membuat Anda pun menjadi lebih peduli pada setiap masalah kompleks yang dialami masyarakat. Anda pun menjadi lebih peduli untuk membantu memecahkan banyak masalah rumit di masyarakat.

Dan sebagai hasilnya...
Anda pun memperoleh...
KEUNTUNGAN tambahan...

Kemampuan Anda memecahkan masalah teka-teki ini akan meningkatkan keterampilan berpikir Anda. Anda akan melatih cara berpikir kritis dan logis dalam diri Anda. Sedangkan dengan berupaya untuk selalu peduli pada beragam permasalahan yang timbul akan membuat Anda membangun banyak karakter berharga dalam diri Anda sehingga Anda pun memperkuat ikatan jaringan pertemanan dengan banyak orang.

Selamat bagi Anda!    =D


Anda termasuk dalam sebagian kecil orang-orang hebat yang pantang menyerah serta tekun berpikir mencari solusi yang kompleks, namun sering diabaikan oleh orang-orang pada umumnya di dunia ini.

[Baca selanjutnya untuk memahami cara menyelesaikan teka-teki di atas dalam artikel: Perbedaan dalam Berpikir itu Wajar!]

#LogikaBerpikir
#KarakterUnggul
#LifeLongLearning
#MasalahKehidupan
#TekaTekiKehidupan

Sumber gambar:  Abstrak Jalur Kehidupan (Dokumen pribadi Frans Indroyono)
Artikel ini ditulis sebagai salah satu materi ajar dalam el-Science, Sistem Pendidikan Modern (www.eldadido.com) dan disadur dari kiriman teman di salah satu sosial media pada tanggal 20 Agustus 2018.

Hits: 69