VdBackground 01.jpg

Negosiasi, Kunci untuk Hidup yang Sukses

Print
Created on Friday, 20 March 2015 Last Updated on Monday, 27 April 2015 Written by Phi-D


Sewaktu Anda memikirkan untuk meningkatkan pendapatan pribadi sehingga Anda tidak akan kekurangan uang, Anda tidak perlu berpikir untuk mengurangi kebutuhan belanja, mengurangi jalan-jalan dan "menghilangkan" diri. Walaupun mengurangi pengeluaran memang bagus, namun cara terbaik untuk ”mencerahkan” harapan keuangan Anda adalah dengan menghasilkan lebih banyak uang, yang dapat berarti mencari pekerjaan sampingan atau.... ya, NEGOSIASI-kan gaji Anda alias minta naik gaji.

Sayangnya, penelitian yang telah dilakukan bertahun-tahun memperlihatkan bahwa wanita lebih sedikit bernegosiasi tentang gaji dibandingkan pria di setiap pekerjaan. Penelitian pada tahun 2012 memperlihatkan bahwa para wanita mulai bernegosiasi, tetapi negosiasi yang mereka lakukan tidak efektif.

Jelaslah bahwa negosiasi bukanlah hal yang mudah dilakukan, akan tetapi jangan biarkan diri Anda menjadi orang yang tidak pernah, bahkan tidak dapat, bernegosiasi. Bacalah artikel berikut ini sehingga Anda dapat belajar lebih banyak tentang pentingnya bernegosiasi dan bagaimana cara melakukannya.

Negosiasi Singkat atau Panjang
Negosiasi adalah sesuatu yang sulit dan seringkali membuat Anda berada dalam kondisi kuatir, terutama jika Anda berupaya bernegosiasi dengan calon atasan Anda atau atasan Anda sekarang. Namun dengan bernegosiasi, Anda dapat menentukan penghasilan atau pendapatan yang akan Anda terima sekarang dan di masa depan.

Terkadang negosiasi dapat terjadi dengan begitu singkat, saat calon atasan Anda menyebutkan nilai pendapatan, kemudian Anda sebagai calon pegawai menerimanya. Namun negosiasi bisa menjadi proses yang berputar-putar, kembali dan maju, atasan Anda menyebutkan berbagai angka pendapatan sampai tawaran itu diterima, setelah itu dibuat kesepakatan yang termasuk bayaran untuk jabatan, cuti, waktu yang fleksibel, atau bonus.

Pentingnya Negosiasi

Pendapatan Anda adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh terbesar dari kehidupan yang Anda jalani. Apa yang Anda negosiasikan untuk diri Anda akan berpengaruh pada apakah Anda akan sanggup membiayai perjalanan wisata tahunan Anda, atau membelikan hadiah untuk orang-orang yang Anda kasihi, atau membayar mahalnya tagihan medis yang tidak terduga.

Alasan-alasan inilah yang membuat negosiasi merupakan satu dari ketrampilan yang paling penting yang harus Anda kuasai. Jika Anda mempelajari ilmu bernegosiasi, hal ini dapat mempengaruhi banyak aspek dalam hidup Anda dan Anda dapat memperbaiki kehidupan Anda serta meningkatkan mutu kehidupan Anda.

Wanita khususnya perlu memberikan perhatian khusus untuk bernegosiasi karena banyak alasan. Pertama, karena kaum wanita digaji lebih sedikit dibandingkan kolega-kolega pria yang memiliki pengalaman dan tingkat pendidikan yang sama.

Kita dapat mengutuk penampilan yang kita inginkan, tetapi kejahatan utama mengapa ada perbedaan pendapatan adalah karena wanita tidak menegosiasikan gajinya sesering yang dilakukan kaum pria. Sebuah penelitian tahun 2012 dari 3.000 lulusan sekolah bisnis menunjukkan bahwa untuk pekerjaan pertamanya, 50% lulusan pria bernegosiasi, sementara hanya 31% wanita yang melakukannya. Dan jika wanita melakukan negosiasi lebih sering, ia malah terlihat buruk dan tidak menyenangkan. Memang selama beberapa tahun ini terlihat jika wanita melakukan negosiasi, ia malah mendapatkan hasil yang lebih buruk.

Baca juga artikel:
Negosiasi, Kunci untuk Hidup yang Sukses
Tipe-tipe Negosiasi
Teruslah Buat Negosiasi
Saat Negosiasi yang Anda Lakukan Gagal

Disadur bebas dari:  Negotiating 101 ( ©  www.learnvest.com)

Hits: 794