VdBackground 01.jpg

Teruslah Buat Negosiasi

Print
Created on Friday, 20 March 2015 Last Updated on Monday, 27 April 2015 Written by Phi-D


Saat harus menegosiasikan bayaran Anda, tujuan utamanya haruslah untuk meningkatkan pendapatan atau gaji, dan jika itu tidak terjadi, tingkatkan bayaran Anda dengan cara-cara yang lain seperti mendapatkan cuti, waktu yang fleksibel atau keuntungan lainnya (Baca juga: Negosiasi, Kunci untuk Hidup yang Sukses). Berikut ini adalah beberapa cara negosiasi yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

Negosiasi Saat Memulai Pekerjaan Baru
1. Selalu, selalu, selalu negosiasi saat Anda mendapatkan pekerjaan baru
Jangan langsung menerima tawaran pertama yang diberikan pada Anda. Memulai pekerjaan baru merupakan waktu yang tepat untuk bernegosiasi. Pendapatan pertama Anda menetapkan dasar untuk peningkatan gaji di masa depan.

2. Jangan menyebutkan angka
Biarkan calon atasan Anda yang menyebutkan terlebih dulu nominal pendapatan Anda. Dan jika ternyata angka yang disebutnya lebih tinggi dari yang Anda harapkan, tahanlah ekspresi muka senang Anda, dan tetap katakan bahwa itu lebih sedikit dari yang Anda harapkan dan tanyakan adakah hal lebih yang dapat mereka berikan pada Anda. Tegaskan apa yang dapat Anda berikan pada perusahaan yang dapat memberikan nilai tambah, setelah itu katakan bahwa Anda yakin bahwa Anda berharga lebih mahal daripada angka yang disebutkan sebelumnya oleh calon atasan Anda.

Negosiasi untuk Peningkatan di Perusahaan Anda Sekarang
1. Berjuang keras melakukan pekerjaan Anda
Hanya melakukan pekerjaan Anda dan menunjukkannya tidaklah cukup, Anda harus terlihat sangat luar biasa. Ya, Anda harus memotivasi diri Anda sehingga Anda dapat berjuang keras untuk melakukan pekerjaan yang luar biasa menonjol.

2. Dokumentasikan Nilai Anda
Habiskan beberapa bulan untuk mengukur apa yang telah Anda kerjakan untuk perusahaan dalam meningkatkan pendapatan perusahaan. Dokumentasikan pekerjaan apa pun yang dapat diukur dan yang penting untuk mendukung visi perusahaan. Saat Anda menuliskan nilai-nilai Anda, banyaknya nilai yang dapat Anda lihat dapat menjadi bukti bahwa Anda memang bernilai bagi perusahaan dan Anda dapat menegosiasikan harga Anda.

3. Jadwalkan Waktu yang Tepat
Jangan membuat negosiasi saat Anda gagal membuat sesuatu yang penting untuk atasan Anda. Dengan cara yang sama, jangan mendatangi atasan Anda saat Anda tahu dia memiliki banyak pekerjaan. Carilah jadwal waktu yang tepat, yaitu saat atasan Anda mempunyai banyak energi untuk mempertimbangkan permintaan Anda ke dalam anggaran perusahaan.

Baca juga artikel:
Negosiasi, Kunci untuk Hidup yang Sukses
Tipe-tipe Negosiasi
Teruslah Buat Negosiasi
Saat Negosiasi yang Anda Lakukan Gagal

Disadur bebas dari:  Negotiating 101  ( ©  www.learnvest.com)

Hits: 779