VdBackground 02  .jpg

Saat Negosiasi yang Anda Lakukan Gagal

Print
Created on Friday, 20 March 2015 Last Updated on Monday, 27 April 2015 Written by Phi-D


Tidak semua yang Anda negosiasikan dapat berhasil atau sesuai dengan keinginan Anda. Ada saat dimana apa yang Anda negosiasikan malah gagal. Saat itu terjadi, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Gagal Bernegosiasi dengan Calon Atasan Anda

Anda dapat selalu mencoba tawaran untuk mengambil tugas-tugas yang bukan merupakan bagian utama pekerjaan Anda, sesuatu yang lebih mudah untuk Anda lakukan tetapi berharga bagi perusahaan.

Jika Anda merasa bahwa perusahaan akan memenuhi permintaan Anda tetapi benar-benar tidak memiliki anggaran untuk itu, cobalah menegosiasikan permintaan lain yang menguntungkan seperti waktu yang fleksibel dan coba untuk membicarakan ulang masalah ini dalam waktu 6 bulan. Sementara itu, catat semua cara dan pekerjaan yang telah Anda lakukan untuk membuat perusahaan mencapai tujuannya sehingga Anda lebih siap saat dilakukan peninjauan 6 bulan yang akan datang. Tetapi Anda harus sangat pasti saat menggunakan pendapat Anda sendiri, jangan terlalu kelewatan batas dan membuat permintaan Anda malahan terlihat sangat tidak masuk akal.

Gagal Bernegosiasi dengan Atasan Anda Sekarang

Tanyakan apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya untuk dapat meningkatkan pendapatan Anda dan apakah Anda dapat membicarakan masalah ini 6 bulan lagi. Seperti di atas, Anda dapat menyarankan bahwa Anda akan mengambil lebih banyak tanggung-jawab sebagai tukaran untuk bayaran lebih. Sekali lagi, Anda harus menunjukkan apa yang Anda tawarkan dapat sangat bermanfaat untuk perusahaan.

Apa yang Dapat Anda Lakukan Sekarang?

1. Perhatikan tujuan pribadi Anda, divisi Anda dan perusahaan Anda. Pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan-tujuannya.

2. Catat semua pencapaian Anda. Lakukan ini setidaknya seminggu sekali, jika tidak Anda dapat menyisihkan waktu 5 menit setiap hari untuk mencatat pencapaian yang Anda lakukan hari itu. Berilah angka pada setiap pencapaian yang dapat Anda lakukan dan bingkai pencapaian yang berkaitan dengan tujuan yang disebutkan di atas. Ini akan membantu Anda bukan hanya untuk mencapai peningkatan tetapi juga membantu Anda saat membuat ringkasan pengalaman pekerjaan (resume) untuk pekerjaan baru.

INGATLAH...

Tidak ada orang yang akan berjuang untuk Anda, Anda-lah yang harus memperjuangkan keinginan Anda. Jika Anda menunggu seseorang untuk memperhatikan seberapa keras Anda telah bekerja, Anda tidak akan meningkatkan pendapatan Anda. Ingatlah untuk dapat mencapai tujuan Anda untuk dibayar sesuai permintaan Anda, Anda harus dapat menempatkan diri Anda dalam sepatu yang digunakan oleh calon atasan Anda atau atasan Anda yang sekarang atau kepala divisi Anda sehingga Anda dapat menunjukkan pada mereka bahwa memang sangat masuk akal untuk membayar Anda lebih tinggi.

Baca juga artikel:
Negosiasi, Kunci untuk Hidup yang Sukses
Tipe-tipe Negosiasi
Teruslah Buat Negosiasi
Saat Negosiasi yang Anda Lakukan Gagal

Disadur bebas dari:  Negotiating 101  ( ©  www.learnvest.com)

Hits: 1064