VdBackground 01.jpg

Karakter Wanita yang Suka Memasak

Print
Created on Thursday, 27 March 2014 Last Updated on Tuesday, 15 July 2014 Written by Phi-D


Seorang teman pernah berkomentar bahwa memasak makanan sendiri di jaman yang serba sibuk ini tidak ada gunanya sama sekali. Menurut mereka, ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan, daripada sekadar memasak. Setelah berseluncur di internet untuk mencari-cari alasan bahwa memasak makanan sendiri itu menyenangkan, ternyata saya mendapati banyak manfaat dengan memasak sendiri makanan (baca juga artikel: Perlukah Wanita Pintar Memasak?). Salah satu manfaat memasak makanan sendiri adalah, memasak dapat mengasah karakter seseorang. Berikut ini ada beberapa karakter yang umumnya dimiliki oleh seorang wanita yang suka memasak.

Pengambil keputusan yang baik. Karakter ini didapat karena wanita yang memasak harus memutuskan apa yang akan dimasak, bumbu apa saja yang akan dimasukkan, berapa takaran bumbu yang pas untuk menghasilkan makanan yang lezat.

Berjiwa kepemimpinan. Wanita yang suka memasak akan memimpin keluarganya untuk mengkonsumsi makanan yang ia tentukan sebagai makanan yang baik, sehat, segar, bergizi dan lezat. Sebuah komentar di radio yang pernah saya dengar mengatakan bahwa wanita menjadi seorang "jendral" di rumahnya sewaktu ia seolah-olah “memerintahkan” keluarganya untuk memakan hidangan yang telah ia tentukan untuk dikonsumsi hari itu.

Patuh pada prosedur. Memasak makanan memiliki urutan dan langkah-langkah yang harus dipatuhi. Seperti langkah-langkah untuk membersihkan ayam agar tidak amis, prosedur mencuci kentang yang benar sebelum dimasak, urutan bumbu yang harus ditumis terlebih dahulu sehingga menghasilkan masakan yang lebih lezat, bahan mana yang harus dimasukkan dulu sewaktu menggodok sup ataupun berapa lama waktu yang harus digunakan untuk menumis sayuran sehingga tidak kehilangan nilai gizi. Jika tidak patuh pada prosedur-prosedur dalam memasak, masakan bisa gagal dan rasanya tidak karuan.

Penuh inovasi. Seorang yang suka memasak akan berinovasi dan mencoba berbagai resep sehingga lidah tidak bosan dan orang-orang yang ikut makan tidak kehilangan selera makan. Dengan adanya internet, seorang yang hobi memasak dapat lebih mudah berinovasi.

Pintar mengelola uang. Wanita yang dapat memasak dapat menghemat pengeluaran dengan memilih menu-menu yang lebih hemat tapi dapat disajikan dengan lezat dan nilai gizi yang tinggi.

Masih banyak lagi karakter yang bisa dikembangkan oleh seorang yang memutuskan untuk memasak, mungkin Anda sendiri yang dapat menyimpulkan.

Aza-aza FIGHTING.

Disadur dari berbagai sumber (thread Kaskus |  lifestyle.kompasiana.com  |  tentang-pernikahan.com  | www.tabloidnova.com  |  wolipop.detik.com).

Gambar dimodifikasi oleh phi-D dari 123RF

Hits: 2942