VdBackground 02  .jpg

Belilah Waktu Luang untuk Anda!

Print
Created on Saturday, 07 January 2017 Last Updated on Wednesday, 07 June 2017 Written by Phi-D


Apa Anda pernah mendengar kata ”waktu luang”? Ya, menurut laman Wikipedia, waktu luang sering disebut sebagai waktu senggang. Waktu luang bukanlah waktu tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mengerjakan pekerjaan tambahan, mencari uang lebih banyak, tetapi waktu luang adalah waktu yang diberikan untuk mengistirahatkan pikiran dan fisik Anda sehingga Anda dapat mengisi ulang ”baterai” Anda untuk menambah tenaga, menyegarkan otak, menikmati pemandangan dan pembicaraan dengan orang lain sehingga Anda tidak kelelahan [Baca artikel: Anda Bosan? Itu Bagus!].

Akan tetapi, tidak semua orang dewasa benar-benar memiliki waktu luang dalam kehidupan mereka. Ini membuat kebanyakan orang dewasa hanya memiliki sekitar 2 – 4 % kreativitas karena mereka memang benar-benar sibuk menjalani hari-hari mereka [Baca artikel: Mengapa Orang Dewasa Kehilangan Kreativitasnya?]. Padahal, agar dapat bertahan dalam dunia yang penuh kompetisi ini, seseorang harus kreatif dan aktif. Dan seseorang yang kelelahan pastinya tidak sanggup menjadi kreatif dan menjadi aktif secara maksimal. Karena itu berikut ini adalah sebagian cara yang dapat Anda lakukan agar dapat benar-benar BERHENTI dari aktivitas Anda sehingga menyediakan waktu luang bagi kehidupan Anda [Baca artikel: Keterampilan untuk Diam dan Tidak Melakukan Apa Pun].

1.    Interaksi Sosial
Gaya hidup yang semakin sibuk membuat orang memiliki sikap individualis dan kurang memperhatikan orang di sekitarnya. Akan tetapi sikap seperti ini dapat berbahaya. Mengapa? Siswa di tingkat sekolah dasar diajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Apa artinya ini? Ini berarti bahwa manusia harus berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Bahkan orang bertipe kepribadian introvert pun butuh setidaknya 3 – 5 teman untuk berinteraksi [baca artikel: Apa itu Introvert, Ambivert dan Ekstrovert?]. Ya, makhluk yang dinamakan manusia perlu meluangkan waktu mereka. Mereka harus dapat berhenti dari aktivitas mereka yang sibuk untuk menjalin hubungan yang bermakna dengan orang di sekitar mereka sehingga dapat merasakan kehidupan yang sebenarnya.

2.    Mengatakan ”Tidak”
Bagaimana perasaan Anda saat menerima penolakan? Apakah Anda sanggup menolak sebuah permintaan dari orang-orang yang Anda sayangi dan respek? Kebanyakan orang memang tidak suka ditolak, maka mereka sedapat mungkin menghindari untuk mengatakan, ”Tidak.” Ini karena mereka tidak ingin terlihat jahat atau pun egois. Namun, mengiyakan atau pun menyetujui setiap permintaan sebenarnya bukanlah sesuatu yang menyehatkan bagi manusia [Menyenangkan Semua Orang itu Tidak Menyenangkan].
Oleh karena itu, setiap manusia perlu melatih dan mengembangkan keterampilan untuk mengatakan ”Tidak”, terutama untuk permintaan dan ajakan yang kurang bermanfaat atau tidak penting. Dengan berani membuat sebuah penolakan, seseorang dapat memiliki waktu tambahan untuk melakukan hal-hal yang lebih bermakna atau pun penting [Baca juga artikel: Alasan untuk Tidak Menyenangkan Orang Lain].

3.    Mengatur Pola Tidur
Seperti terlihat pada tabel di bawah ini, setiap manusia memiliki lama waktu tidur yang berbeda-beda, ini tergantung dari usianya.

 

 
Ini memperlihatkan bahwa manusia dewasa setidaknya perlu tidur 8 (delapan) jam setiap malam. Tidur sangat penting untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, meningkatkan stamina, atau pun mengasah kreativitas. Kekurangan tidur memperlihatkan bahwa seseorang terlalu sibuk sehingga ia tidak dapat ”membeli” waktu untuk beristirahat.


Tiga cara di atas hanyalah sebagian cara untuk membuat Anda mempunyai waktu luang untuk meningkatkan kreativitas, menjaga kesehatan, dan menikmati kehidupan Anda. Oleh karena itu, setelah satu hari yang cukup sibuk, berilah hadiah pada diri Anda sebuah waktu luang dan nikmati kehidupan Anda sebagai seorang manusia yang sebenarnya.

Aza-aza FIGHTING.

Referensi artikel: The Importance of Doing Nothing (©  knowledge.insead.edu)
Sumber gambar dimodifikasi dari: How Much Sleep Do You Really Need?  (© runhealthylifestyle.com)

Hits: 552