VdBackground 01.jpg

Pentingnya Energi Positif dalam Pekerjaan

Print
Created on Thursday, 15 October 2015 Last Updated on Tuesday, 01 December 2015 Written by Phi-D


Energi positif merupakan sebuah "pasar" ide di dalam suatu organisasi. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa energi positif merupakan energi yang sangat kuat. Energi positif yang dibahas di sini bukanlah sesuatu yang bersifat magis di dalam bola kristal, itu juga bukanlah karma. Sikap positif yang dimaksud di sini juga bukanlah sikap positif Pollyana yang dapat dengan mudah menular ke orang-orang di sekitarnya.

Di dalam sebuah perusahaan atau sebuah organisasi, orang-orang yang memiliki energi positif dapat jelas terlihat. Ini disebabkan karena mereka adalah orang-orang yang dapat menarik orang lain serta dapat memilih dan masuk ke proyek-proyek yang dapat membangkitkan semangat, dan akan berhasil.

Penelitian yang dilakukan oleh laman bakadesuyo.com membagi energi ke 7 (tujuh) kelompok besar dalam organisasi-organisasi berbeda menggunakan teknik analisis jaringan sosial untuk memetakan hubungan dalam setiap kelompok. Pada kasus ini akan ditanyakan beberapa pertanyaan spesifik berikut ini:
1. Kapan Anda berinteraksi dengan orang ini?
2. Bagaimana itu mempengaruhi tingkat energi Anda?

Responden akan menilai angka dari 1 sampai 5 dimana angka 1 mengartikan bahwa responden memiliki kadar energi yang sangat lemah sedangkan angka 5 mengartikan bahwa responden memiliki kadar energi yang sangat tinggi.

Meninjau kadar energi dalam jaringan dapat memberikan gambaran yang sangat jelas. Misalnya, berdasarkan gambar dapat terlihat mana orang-orang yang adalah ”penarik” dalam suatu organisasi. Terlihat juga mana proyek-proyek yang membangkitkan semangat sehingga dapat menjadi proyek dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Selain itu, terlihat juga kebutuhan untuk melakukan pengorganisasian ulang atau perubahan dalam skala besar yang akan memberikan efek yang diinginkan. Ini semua sangat berarti dalam sebuah organisasi.

Di bawah ini adalah contoh gambaran sebuah jaringan dalam perusahaan dari manajer-manajer (pemimpin) yang ”berenergi” sehingga memberikan daya cipta kepada anak buahnya.



Sedangkan di bawah ini adalah contoh jaringan yang dihasilkan oleh manajer-manajer yang tidak memberikan ”energi” pada anak-anak buahnya.

Dari 2 (dua) gambar di atas, mana yang menurut Anda paling memiliki komunikasi yang aktif, memiliki inovasi paling banyak dan pemahaman yang tinggi?
Ya, Anda dapat menjawabnya sendiri.

Orang-orang dengan energi positif yang tinggi adalah orang-orang dengan kinerja yang paling tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ke beberapa perusahaan, ditemukan bahwa prestasi ataupun kinerja sangat berhubungan dengan posisi seseorang dalam jaringan yang berenergi. Bahkan setelah menghitung kegunaan dari berbagai sumber informasi, ditemukan bahwa mereka yang memberikan energi pada orang-orang lain adalah orang-orang yang memiliki kinerja yang tinggi. Karena itu mereka sering mendapatkan promosi lebih cepat karena mereka dapat ”mendengarkan” lebih banyak peluang. Mereka juga lebih didengarkan dan ide-ide mereka selalu tersampaikan.

Mereka yang menjembatani banyak jaringan juga selalu dipromosikan lebih cepat dalam karir mereka karena mereka dapat mendengarkan peluang-peluang lebih cepat dibandingkan orang-orang lain. Selain itu, mereka yang memberikan energi pada orang-orang lain juga lebih didengarkan dan selalu mewujudkan ide-ide mereka menjadi sebuah tindakan. Bukan itu saja, mereka pun dapat meningkatkan kinerja dari orang-orang di sekitar mereka. Sebaliknya, orang-orang yang tidak berenergi bisa jadi memiliki ide yang cemerlang akan tetapi karena mereka tidak dapat memotivasi orang lain untuk percaya dan bertindak untuk mewujudkan idenya, maka ide-ide mereka, secemerlang apa pun itu, tidak akan berguna.

Orang-orang yang berenergi tidak hanya memiliki kinerja yang lebih baik, tetapi orang-orang yang berada di dekat mereka atau berhubungan dengan mereka juga memiliki kinerja yang lebih baik. Dengan kata lain, orang-orang yang berenergi dapat meningkatkan kinerjanya sendiri dan juga kinerja dari orang-orang di sekitarnya.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan agar dapat menjadi orang-orang ”berenergi”? 

(Baca artikel: Cara-cara Meningkatkan Energi Positif)

Disadur bebas dari: Positive Energy Leads to Promotions, Here’s How You can Increase It  (©  www.bakadesuyo.com)


Hits: 836